SERAH TERIMA ALAT PENDUGA DASAR SUNGAI (PEDAS) LEVEL 1 PRODI TEKNIK SIPIL – PT KAI

SERAH TERIMA ALAT PENDUGA DASAR SUNGAI (PEDAS) LEVEL 1 PRODI TEKNIK SIPIL – PT KAI

Setelah melakukan serangkaian uji coba dan validasi data di lapangan, Alat Penduga Dasar Sungai (PEDAS) level 1 dianggap sudah memenuhi ekspektasi dari luaran penelitian kerja sama antara Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyatama dan PT KAI (Persero) unit. Sebagai penutup dari kegiatan penelitian kerja sama ini, Prodi Teknik Sipil UTama dan PT KAI melakukan serah terima alat PEDAS level satu yang bertempat di ruang rapat Gedung F, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama.

Alat PEDAS level 1 ini merupakan terobosan dalam pelaksanaan survei di PT KAI, khususnya untuk survei kedalaman sungai. Dengan adanya alat ini surveyor KAI tidak perlu was – was lagi untuk mengukur kedalaman sungai yang sebelumnya mengharuskan surveyor tersebut turun ke badan sungai dan mengambil data secara manual. Dengan alat PEDAS ini surveyor cukup mengukur dari atas lantai jembatan. Selain menghemat tenaga juga menghemat waktu, juga dari segi keselamatan tentu lebih safety” kata bapak Dicky Arisikam, S.T., M.T., QRMP, IPM manager Track & Bridge Maintenance Engineering yang juga sebagai konseptor alat PEDAS.

Bapak Dicky Arisikam, S.T., M.T., QRMP, IPM manager Track & Bridge Maintenance Engineering sedang closing statement terkait hasil penelitian
Bapak Dicky Arisikam, S.T., M.T., QRMP, IPM manager Track & Bridge Maintenance Engineering sedang closing statement terkait hasil penelitian

Alat PEDAS level 1 ini selain mudah dibawa dan digunakan juga bisa bertahan sampai dengan 6 jam. Selain itu keunggulan lainnya adalah mampu membaca titik ketinggian dengan satuan MDPL, data hasil pengukuran tersimpan di SD CARD dan mampu membaca kedalaman air sampai dengan 7 meter. Serta tentu saja alat ini mempunyai harga yang sangat terjangkau, ujarnya.

“Tahap berikutnya untuk pengembangan alat PEDAS level 2 lebih ditekankan pada fitur dan kepraktisan alat. Dengan menggunakan memory yang lebih besar, sehingga diharapkan mampu membaca kedalaman air lebih dari 7 meter, menambahkan fitur Bluetooth sehingga mampu terkoneksi dengan smartphone dan data tersimpan pada aplikasi yang ada pada smartphone, juga dapat ditampilkan dalam bentuk grafik” kata Raden Herdian Bayu Ash Shiddiq, S.T., M.T selaku koordinator tim peneliti.

Serah terima Alat PEDAS Level 1
Serah terima Alat PEDAS Level 1

Acara serah terima alat PEDAS ini diakhiri dengan foto bersama dan diskusi rencana penelitian–penelitian berikutnya. “Alhamdulillah, alat PEDAS ini sudah bisa diselesaikan dan diserahkan kepada pihak PT KAI. Prodi Teknik Sipil UTama dalam hal ini siap mendukung dan membantu mewujudkan ide serta inovasi dari pihak PT KAI. Penelitian – penelitian yang dilakukan ini kami harapkan bisa berkontribusi banyak pada pembangunan di Indonesia khususnya di bidang perkeretaapian. Kami juga ucapkan terima kasih atas dukungan penuh dan kepercayaan dari pihak PT KAI kepada kami. Semoga kedepannya kerja sama ini dapat berkembang di segala bidang.” Kata bapak Yanyan Agustian, S.T., M.Eng., Ph.D dalam sambutannya.

Comments are closed.