SIHHUT V1

SIHHUT V1

Pada era serba teknologi zaman now, banyak manfaat yang kita dapatkan seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Tidak hanya gadget saja yang berkembang, dunia pendidikan pun juga ikut berkembang. Orang-orang khususnya para mahasiswa semakin terbantu dalam menjalankan pembelajarannya. Misalnya saja, banyak pengetahuan yang muncul dan dimudahkan berkat hadirnya teknologi komputasi.

Teknologi komputasi yang dimaksud tersebut adalah sistem informasi, khususnya yang berbasis website. Kebutuhan akan sistem informasi berbasis website kini semakin menjamur karena memudahkan owner dan staff nya dalam memanajemen usaha yang dijalankan. Usaha-usaha tersebut seperti sekolah dan kampus dengan sistem informasi akademik, rumah sakit dan farmasi dengan sistem informasi rumah sakit dan sistem informasi apotek, bahkan toko-toko swalayan dengan sistem informasi parkirnya, bisa dikatakan hampir semua bidang usaha telah menggunakan sistem informasi berbasis website.

Disaaat hal-hal telah beralih ke digitalisasi, begitu juga dengan perkembangan ilmu rekayasa Teknik Sipil. Salah satu pengembangan penyimpanan data dan penampilannya adalah sistem informasi. Melalui sistem informasi, data – data dapat disimpan dalam satu data base dan dapat ditampilkan dengan cara yang menarik melalui tampilan gambar atau grafik – grafik. Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyatama dalam hal ini mencoba mewujudkan hal tersebut, yang mana nantinya masyarakat pada umumnya dan mahasiswa serta mitra Prodi pada khususnya dapat berinteraksi dan berkontribusi terkait hal di bidang rekayasa Teknik Sipil dengan membuat dan mengembangkan Website dan Sistem Informasi Sipil UTama.

Program studi teknik sipil Universitas Widyatama dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertema “Pembuatan Dan Pengembangan Sistem Informasi Hidrologi-Hidrolika UTama (Sihhut) Volume 1 Pada Lokasi Jembatan Kereta Api” bersama PT. KAI meluncurkan web berbasis sistem informasi. Dalam pengembangan volume satu ini dititik beratkan pada Sistem Informasi Infrastruktur di bidang Sumber Daya Air. Adapun yang ditampilkan dalam Sistem Informasi Hidrologi-Hidrolika UTama (SIHHUT) V1 ini diantaranya adalah debit banjir, tinggi muka air dan potensi gerusan tanah. Pengembangan SIHHUT V1 ini diharapkan bisa menjadi basis informasi bagi pihak PT KAI dalam usaha meningkatkan keselamatan transportasi kereta api khususnya dalam monitoring kondisi struktur bawah jembatan kereta api.

Selain melakukan kegiatan PKM, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa teknik informatika Universitas Widyatama dalam rangka mewujudkan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), sehingga terjadi kolaborasi antar program studi yang menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya PT. KAI sebagai mitra.

“Seiring dengan majunya perkembangan teknologi informasi, sudah saatnya perkembangan ilmu rekayasa teknik sipil juga dapat mengadopsi hal tersebut”, ujar Raden Herdian Bayu Ash-Siddiq, S.T.,M.T. selaku ketua kegiatan PKM.

Sementara itu Yanyan Agustian, Ph.D., Kaprodi Teknik Sipil UTama sekaligus Ketua Cluster PKM, menyampaikan bahwa program PKM ini merupakan kegiatan rutin dari Prodi Teknik Sipil UTama.

Dilain waktu, Dicky Arisikam, S.T., M.T., QRMP, IPM manager Track & Bridge Maintenance Engineering selaku mitra PKM dari PT. KAI mengatakan “Diawal dari hal-hal yang kecil ternyata kegiatan ini menghasilkan produk yang sangat bermanfaat besar bagi kami”. Ia mengungkapkan bahwa dengan hadirnya “SIHHUT V1” ini sangat membantu dalam pengembangan teknologi informasi khususnya di PT. KAI.

“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada Prodi Teknik Sipil UTama yang telah bersedia menyumbangkan gagasan, inovasi, serta mencurahkan tenaga dan pikirannya. Mudah-mudahan alat-alat ini dapat membantu permasalahan pengendalian banjir di lingkungan kami,” ujarnya.

web terkait :

SIHHUT V1 Sistem Informasi Keselamatan Transportasi Kereta Api Buatan Dosen dan Mahasiswa Universitas Widyatama 

Comments are closed.