Webinar Nasional Teknik Sipil UTama – Pemodelan Hidrodinamika & Aplikasi BIM di Bidang Teknik Sipil

Webinar Nasional Teknik Sipil UTama – Pemodelan Hidrodinamika & Aplikasi BIM di Bidang Teknik Sipil

Program studi teknik sipil Universitas Widyatama menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema Pemodelan Hidrodinamika & Aplikasi BIM di Bidang Teknik Sipil yang dilaksanakan secara online pada hari selasa 26 April 2022, mulai jam 14.00 sampai dengan selesai melalui media Zoom Meeting dan Livestreaming dari YouTube Sipil UTama. Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu Munawir Bintang Pratama, S.T., M.ScR. (PhD Student in Coastal Engineering, School of Engineering, The University of Edinburgh) *(Streaming langsung dari Skontlandia) dan Ir. Prima Adhiyasa, S.T. (Technical Manager PT. Beta Gama Hexa).

 

Hidrodinamika adalah ilmu yang mempelajari gerak fluida cair.

Hidrodinamika pantai merupakan sistem model numerik secara umum untuk memodelkan simulasi muka air dan aliran di estuari, teluk dan pantai yang tidak semua orang memiliki pengetahuan mengenai ilmu ini.

 

 

 

Building Information Modeling (BIM) adalah salah satu teknologi di bidang AEC (Arsitektur, Engineering dan Construction) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 dimensi.

BIM atau Building Information Modelling adalah suatu sistem atau teknologi yang mencakup beberapa Informasi penting dalam proses Design, Construction, Maintenance yang terintegrasi pada pemodelan 3D.

BIM ini Sudah mulai digunakan pada proyek – proyek Strategis yang ada di Indonesia untuk menunjang kemajuan teknologi di bidang konstruksi. Penerapan BIM ini sangat penting dikembangkan di Indonesia karena dapat mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan di proyek. Salah satu keunggulan dari BIM ini adalah Integrasi Informasi dari berbagai disiplin ilmu dalam satu pemodelan 3D. Orang umum lebih mudah membaca gambar proyek 3 dimensi dibanding dengan 2 dimensi. Dengan gambar 3 dimensi owner proyek akan lebih mudah Memahami gambar teknis yang diajukan oleh kontraktor.

 

 

Dengan diadakannya Webinar Nasional ini diharapkan dapat memberikan wawasan terutama pada kemajuan teknologi, perencanaan serta pelaksanaan pekerjaan konstruksi sehingga kualitas desain dan konstruksi yang diterapkan dapat meningkat.

Kuy…Melangkah Maju Bersama.

Comments are closed.